Suatu Hari di Samping Bapak-Bapak Berkemeja Putih

By Aidil Fitriawan - 4:27 PM

Assalamu alaykum para pembaca blog saya ini. klo memang ada. haha

Sekarang saya lagi ada di KFC di Kota Makassar. ya, saya masih di makassar karena belum wisuda. Niatnya sih saya ke sini mau ngerjain proposal skripsi sekaligus mau manggil beberapa junior saya yang sekarang melanjutkan perjuangan sebagai pengurus organisai yang kemarin saya ketuai untuk bincang-bincang seputar keadaan mereka. tapi mereka lagi nda bisa untuk hari ini. Niat bincang-bincang gagal, niat kerja skripsi? ya sudahalah.

Nyalain laptop, bukannya buka file proposal malah buka youtube dan download video. Uda beberapa kali ini sih saya ke sini untuk ngerjain proposal, dan lumayan lah dibanding di kost yang ngak dapat apa-apa, di sini bisa lah nyelesaiin beberapa lembar. tapi hari ini saya ngak yakin ini bakal bertambah. pertama, niat saya ngak mucul-muncul, kedua, adanya bapak-bapak yang entah pegawai dari mana yang ngak nyandar klo mereka lagi ada di tempat umum. mereka seenaknya ngobrol dan ketawa-ketawa dengan suara besar yang ngeganggu banget. 

Adanya mereka munculin niat saya untuk nulis lagi di blog ini. Saya jadi mikir, akan kah saya seperti mereka ketika saya lulus nanti?. entah saya salah dengar atau gimana, yang jelas yang tadi saya tangkap, kayanya mereka lagi bolos kerja dan nongkorong di sini. ini saya ngak nguping, karena mereka yang ngobrol dengan suara besar. Dan yang jadi fokusnya di sini adalah mereka "bolos kerja". sekumpulan bapak-bapak yang ngak terlalu tua, berstelan rapih kemeja putih dan bawahan hitam. klo diliat dari penampilan dan konten yang mereka bicarakan, sepertinya mereka adalah sekumpulan orang yang kerja di instansi pemerintahan.

Kerjaan. itu yang berputar-putar dikepala saya saat ini. akan kah saya bekerja di sebuah kantor yang kerjaannya ngak terlalu saya suka, dan akhirnya saya bolos dengan teman-teman yang juga ngak nikmatin kerjaan, di sana saya ngegosipin tentang teman kerja bahkan atasan. Akan menjadi orang macam apa jika saya melakukan hal macam itu.

Dari sudut pandang pribadi, Apapun pekerjaannya, yang utama adalah dikerjakan dengan penuh tanggung jawab. Tapi terkadang banyak orang yang kurang bertanggung jawab dengan kerjanya karena memang orang itu ngak nikmatin kerjaannya. jadi menjadi sangat penting untuk memilih pekerjaan yang memang bisa kita nikmatin atau yang biasa disebut orang passion. tapi zaman sekarang nyari kerja aja susah, apalagi mau milih-milih kerjaannya.

Seandainya pun saya punya kesempatan untuk memilih pekerjaan, saya pun masih bingung untuk menentukannya. passion saya di mana? klo definisi passion adalah hal yang kita nikmatin saat melakukannya, maka passion saya berubah-ubah. Saya pernah nikamtin yang namanya, main game, membaca, ngeblog, nonton film, nyanyi, ngamati orang, bahkan berburu nasi goreng.

Main game adalah hal yang hampir sebagian besar anak lelaki suka lakukan, mau itu game offline atau pun game online. untuk saya sendiri, hobi ini muncul ketika mulai menjamurnya rental ps di sekitaran rumah saya, yang mana itu bikin anak-anak satu kampung uda jarang lagi main bareng. ini tejadi sekitaran saya masih SD. biasanya pulang sekolah ngumpul dilapangan untuk main bola, berubah jadi pulang sekolah ke rental PS untuk main game bola. Mau ngak mau, saya ikut pergaulan dan sering nongkrong di rental PS. yang mana saat itu jelas sangat dilarang sama orang tua. katanya main ps bisa bikin bego.


Berbeda dari teman-teman yang suka permainan multi-player macam bola dan game fighting, saya lebih suka game adventure yang notabenya single-player. Jadi saya sering ngabisin berjam-jam di rental fokus main sendiri tanpa ngobrol sama orang, begitu terus-terusan. Dan pas SMP saya dibelikan konsol PS sendiri, setelah saya bisa ngebuktiin biarpun sering main game nda bikin bego dan nilai saya masih bisa ok. Punya PS sendiri bikin saya makin jarang ketemu orang. Ini lah yang bentuk pribadi saya jadi orang yang susah berosisalisasi dan kurang bisa ngobrol sama orang.

Membaca, Ngeblog ada kegiatan yang paling sering saya lakukan ketika saya uda bosan dengan game PS. Bukan bosan main game, tapi bosan main game PS2 karena uda ga ada game baru yang keluar gara-gara PS3 uda keluar dan saya gak sanggup beli. Kebosanan dengan PS2 itu saya alihkan ke membaca. Seringnya buka twitter dan orang-orang yang saya follow rata-rata adalah penulis buku atau bisa dibilang seleb twit yang nulis buku. distulah saya mulai beli dan membaca buku. Tapi tingkatan membaca saya ngak sampe bisa disebut geek atau book addict. saya enjoy ngelakuinnya tapi nda menjadi rutinitas penting yang sampe gelisah klo nda saya lakuin lama kaya macam main game ps dulu.

Seringnya baca tulisan orang, saya jadi tertantang untuk coba membuat tulisan juga. gimana ya.. ada saatnya kita harus memprodiksi sesuatu juga dan bukan menjadi konsumen selamanya. Karena itu saya mulai menulis sesuatu. Saya pernah menulis sebuah cerita yang menurut saya pribadi sangat menarik, tapi cerita itu sudah dihapus sebelum selesai. pikir saya, siapa juga yang mau baca, apa lagi diterbitkan.

Merasa mustahil karya bisa diterbitkan, saya pun berpindah dan menulis di blog karena kemungkinan untuk ada yang baca lebih besar. tapi apa yang saya tulis di blog bukanlah seperti apa yang saya tulis dulu. takutnya kalo menulis seperti dulu dan diupload di blog bakal dicopy sama org, trus orang lain yang beruntung dan bisa ngejual karya saya (saat itu saya kepedean banget haha). Maka terisilah blog dengan tulisan-tulisan yang tidak jelas. apapun yang saya mau tulis bakal saya tulis tanpa pikir orang suka tau tidak. dan ternyata responnya lumayan. sampe sekarang pengunjungnyan uda puluhan ribu orang. entah mereka visitor nyasar atau memang masuk untuk baca. Ditambah blog lain yang juga visitornya lumayan tapi sudah dihapus karena isinya yang terlalu alay untuk tetap eksis di dunia ini. padahal yang ini juga alay. haha

Hal lain yang saya juga nikmatin ngelakuinnya adalah nonton dan nyanyi. Bicara soal nonton, ini bermula dari SMA, yang menjadi tujuan saat jalan-jalan dengan teman sepulang sekolah. Nonton di XXI. Saat kuliah pun sama, sepulang kampus sama teman-teman tujuannya ke sana. Sering juga saya pergi sendiri kalo memang ada film yang saya suka dan ga ada yang bisa nemenin. dan ketika kantong seret bisa ditanggulangi dengan nonton hasil download ilegal. Tapi kalo dipikir lagi, hal ini bukan passion deh, melainkan kebutuhan. karena semua orang pasti butuh tontonan, baik sebagai sarana mendapat informasi sekaligus sebagai hiburan, kaya buku dan game. Jadi bisa disimpukan main game, baca dan nonton bukan passion saya, melainkan kebutuhan informasi dan hiburan.
ilustrasi: nonton sendiri
Sedangkan soal nyanyi, siap sih orang di dunia ini yang nda suka nyanyi?. Saya jujur suka nyanyi, hanya saja masih belum PD untuk bisa tampil sendiri. Dulu saat maba iseng daftar paduan suara mahasiswa dan dapat lah kesempatan nyanyi dan tidak malu-malu. karena nyanyinya nda sendiri tapi keroyokan. sampe sekarang masih aktif di sana, tapi klo di fikir belakangan aktifnya bukan untuk memenuhi keinginan menyanyi tapi lebih melihat ke bagaimana ngurusin ini paduan suara biar tetap jalan. karena banyaknya cerita yang terjadi di sana, bikin saya jadi sangat peduli dengan masa depannya paduan suara ini. "Salam sayang dari ku, untuk gadis-gadisnya." wkwkwkw.
 

Dan ada dua lagi hal yang saya nikmatin tapi agak ngak umum.

Pertama, ngamatin orang. Jujur saja saya sering sekali dan hampir setiap saat malah ngelakuin ini. Ngamatinnya bukan sekedar ngamatin, tapi dibarengi dengan pemikiran-pemikiran aneh di kepala saya.  kadang malah bikin sekenario tentang apa yang bakal terjadi ke orang itu beberapa menit kemudian dengan orang di sekitarnya, dengan saya atau dengan tempat yang dia tempati. Semacam menjadi sutradara di kepala sendiri. 


Kedua adalah berburu nasi gorang. Saya sangat suka nasi goreng. bahakan uda pernah saya tulis juga di blog ini. maka dari itu saya juga punya semacam kebiasaan untuk keliling kewarung nasi gorang. besok di warung ini, besok di warung ini, dan besok di warung ini. begitu terus sampe dapat yang sesuai selera. klo uda bosan cari lagi, klo ngak ada uang ya makan indomie.  Dan saya pun ada keinginan untuk punya warung nasi goreng sendiri, yang mana rasanya macam-macam dan ga umum. 

Klo pun saya ngak nemua mau kerja apa, kayanya jadi pengusaha nasi goreng juga ngak buruk. hahaa

Mungkin segini aja untuk postingan ini. doakan saya bisa cepat lulus dan dapat apa yang sesuai passion saya biar bisa enjoy kerja dan ngak kaya bapak-bapak berkemeja putih itu. doa kembali untuk kalian semua. 

makasih

  • Share:

0 comments